KURIKULUM BERBASIS KKNI
JURUSAN PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
A. Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi
- Sikap
- Capaian Pembelajaran Bidang Sikap Umum
RUMUSAN SIKAP UMUM |
Setiap lulusan program pendidikan akdemik, vakasi, spesialis, dan profesi harus memiliki sikap sebagai berikut : 1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius 2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika 3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila 4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan negara 5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain 6) Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan 7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik 9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri 10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
2. Capaian Pembelajaran Bidang Sikap Khusus
RUMUSAN SIKAP KHUSUS |
Lulusan program sarjana PGMI wajib memiliki sikap khusus sebagai berikut : 1) Menjunjung tinggi nilai-nilai keIslaman yang mencakup ketakwaan terhadap Allah SWT, penghargaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan, internalisasi nilai dan norma, 2) Menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Indonesiaan dan kemasyarakatan, meliputi, penghargaan terhadap keanekaragaman, nasionalisme dan tanggungjawab bernegara, dan berbangsa, berdasarkan Pancasila; 3) Menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan otonomi akademik; 4) Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yang diembannya sebagai calon guru pada pendidikan dasar MI/SD. |
- Pengetahuan
- Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan Umum
RUMUSAN PENGETAHUAN UMUM |
Lulusan program sarjana PGMI wajib memiliki pengetahuan umum sebagai berikut : 1) Kemampuan dalam penguasaan pengetahuan terkait dengan pengelolaan pembelajaran yang mendidik, kreatif, inovatif, produktif dan adaptif yang dicerminkan dengan kemampuan memahami landasan pendidikan, perkembangan peserta didik, pengembangan kurikulum, landasan pembelajaran, pengembangan perangkat pembelajaran, penilaian pembelajaran, penguasaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunasi dalam pembelajaran, kemampuan stimulasi peserta didik dalam pengembangan potensi diri dan mengaktualisasikannya secara tepat; 2) Kemampuan dalam penguasaan pengetahuan bidang keilmuan secara luas dan mendalam berkaitan dengan konsep, filosofi, metode disiplin keilmuan (body of knowledge) guru kelas (Bahasa Indonesia, PKn, IPS, IPA, dan Matematika) dan relevan dengan tuntutan standar isi satuan pendidikan dalam rangka mewujudkan pembelajaran yang yang mendidik, kreatif, inovatif, produktif dan adaptif; |
2. Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan Khusus
RUMUSAN PENGETAHUAN KHUSUS |
Lulusan program sarjana PGMI wajib memiliki pengetahuan khusus sebagai berikut: 1) Mampu memahami teori tentang keagamaan Islam dan keindonesiaan dalam bernegra dan berbangsa; 2) Mampu memahami teori tentang kependidikan, psikologi perkembangan anak, psikologi pendidikan, pembelajaran, yang meliputi kurikulum, strategi pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi pembelajaran pada tingkat Pendidikan Dasar MI/SD; 3) Meiliki kemampuan berfikir filosofis dan logis; 4) Memiliki kemampuan memahami konsep Bahasa Indonesia, PKN, IPS, IPA, Matematika, dan PAI SD pada pendidikan dasar MI/SD. |
- Ketrampilan
- Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum
RUMUSAN KETERAMPILAN UMUM |
Lulusan Program Sarjana PGMI wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut: 1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya 2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur 3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni 4) Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi 5) Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data 6) Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya 7) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya 8) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri 9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi. |
2. Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Khusus
RUMUSAN KETERAMPILAN KHUSUS |
Lulusan program sarjana PGMI wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut : 1) Terampil dalam menerapkan teori pedagogi pada pendidikan dasar MI/SD; 2) Terampil mengaplikasi teori pembelajaran pada pendidikan dasar MI/SD; 3) Terampil mengaplikasi teori psikologi perkembangan pada pendidikan dasar MI/SD; 4) Terampil mengaplikasi teori psikologi anak pada pendidikan dasar MI/SD; 5) Terampil mengaplikasi teori psikologi pendidikan pada pendidikan dasar MI/SD; 6) Terampil menganalisi kurikulum pada pendidikan dasar MI/SD; 7) Terampil mendesain strategi pembelajaran pada pendidikan dasar MI/SD; 8) Terampil mempersiapkan dan menerapkan media pembelajaran pada pendidikan dasar MI/SD; 9) Terampil merancang dan menerapkan evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar MI/SD; 10) Terampil merancang manajemen pendidikan yang kondusif pada pendidikan dasar MI/SD; 11) Mampu mengaplikasikan teori pembelajaran Bahasa Indonesia pada pendidikan dasar MI/SD; 12) Mampu mengaplikasikan teori pembelajaran PKN pada pendidikan dasar MI/SD; 13) Mampu mengaplikasikan teori pembelajaran IPS pada pendidikan dasar MI/SD; 14) Mampu mengaplikasikan teori pembelajaran IPA pada pendidikan dasar MI/SD; 15) Mampu mengaplikasikan teori pembelajaran Matematika MI/SD; 16) Mampu melakukan riset seluruh aspek pada pendidikan dasar MI/SD. 17) Mampu mengaplikasikan nilai-nilai dasar pendidikan kepramukaan di MI/SD 18) Mampu mengaplikasikan dan mengembangkan kearifan lokal dalam bidang bahasa, seni dan budaya daerah |
Adapun Struktur Mata Kuliah Jurusan PGMI adalah sebagai berikut:
STRUKTUR MATA KULIAH |
||||||
JURUSAN PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN |
||||||
IAIN SYEKH NURJATI CIREBON TAHUN 2018 |
||||||
Semester 1 (PAKET) | ||||||
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS | |||
1 | MKDU | Bahasa Indonesia | 2 | |||
2 | MKDU | Bahasa Arab 1 | 2 | |||
3 | MKDU | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | |||
4 | MKDK | Pengantar Studi al Qur’an | 2 | |||
5 | MKDU | Metodologi Studi Islam | 2 | |||
6 | MKDK | Landasan Pendidikan Islam | 3 | |||
7 | MKDU | Fiqh/Ushul Fiqh | 3 | |||
8 | MKDU | Ilmu Kalam | 2 | |||
9 | MKDU | Filsafat Ilmu | 2 | |||
10 | MKDK | Pengantar Studi al Hadits | 2 | |||
JUMLAH | 22 | |||||
Semester 2 (PAKET) | ||||||
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS | |||
1 | Bahasa Arab 2 | 2 | ||||
2 | Seni Budaya & Keterampilan | 2 | ||||
3 | Sejarah Peradaban Islam | 2 | ||||
4 | Psikologi Pembelajaran | 2 | ||||
5 | Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia | 3 | ||||
6 | Kajian Matematika MI/SD | 3 | ||||
7 | Kajian IPA MI/SD | 3 | ||||
8 | Kajian IPS MI/SD | 3 | ||||
9 | Pembelajaran & Tahfidh BTQ Hadits | 2 | ||||
10 | Pembelajaran Tematik di MI | 2 | ||||
JUMLAH | 24 | |||||
(Magang 1) | ||||||
Semester 3 | ||||||
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS | |||
1 | Bahasa Inggris 1 | 2 | ||||
2 | Akhlaq Tasawuf | 2 | ||||
3 | Pembelajaran IPS di MI | 2 | ||||
4 | Mashadir Tarbawiyah | 3 | ||||
5 | Pembelajaran B.Inggris di MI | 2 | ||||
6 | Bimbingan dan Konseling | 3 | ||||
7 | Strategi Belajar Mengajar di MI | 2 | ||||
8 | Seni Drama & Tari (Sendratari Jawa Barat) | 3 | ||||
9 | Pembelajaran IPA di MI | 2 | ||||
10 | Pendidikan Kepramukaan | 2 | ||||
JUMLAH | 23 | |||||
Semester 4 | ||||||
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS | |||
1 | Bahasa Inggris 2 | 2 | ||||
2 | Etika Profesi Keguruan | 2 | ||||
3 | Pembelajaran Matematika di MI | 2 | ||||
4 | Pendidikan Lingkungan Hidup | 2 | ||||
5 | Media Pembelajaran di MI | 2 | ||||
6 | Pembelajaran Bahasa Arab di MI | 2 | ||||
7 | Pembelajaran al Qur’an dan Hadits di MI | 2 | ||||
8 | Psikologi Belajar Mengajar | 2 | ||||
9 | Pembelajaran Fiqh di MI | 2 | ||||
10 | Pembelajaran Aqidah Akhlaq di MI | 2 | ||||
11 | Pembelajaran Tarikh di MI | 2 | ||||
JUMLAH | 22 | |||||
(Magang 2) | ||||||
Semester 5 | ||||||
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS | |||
1 | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di MI | 2 | ||||
2 | Keterampilan Berbahasa | 2 | ||||
3 | Metodologi Penelitian | 3 | ||||
4 | Psikologi Perkembangan Anak Usia MI/SD | 2 | ||||
5 | Isu-Isu Pendidikan Dasar | 2 | ||||
6 | Evaluasi Belajar di MI | 2 | ||||
7 | Pengembangan Instrumen Penilaian Mtk di MI | 2 | ||||
Media dan TI dalamPemblj. Mtk di MI | 2 | |||||
8 | Pengembangan Kurikulum di MI | 2 | ||||
Perencanaan Pembelajaran | 2 | |||||
9 | Sains Lingkungan Teknologi Masyarakat | 2 | ||||
JUMLAH | 23 | |||||
Semester 6 | ||||||
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS | |||
1 | Manajemen Berbasis Sekolah / Madrasah | 2 | ||||
2 | Media dan TI dalam Pemb. Sains di MI | 2 | ||||
3 | Konsep dan Metoda PTK | 2 | ||||
4 | Administrasi dan Supervisi Pendidikan | 2 | ||||
5 | Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus | 2 | ||||
6 | Apresiasi Sastra Indonesia di MI | 2 | ||||
7 | Bimbingan Penulisan Proposal Skripsi | 2 | ||||
8 | PPL 1 | 2 | ||||
9 | Kewirausahaan / Enterpreuneurship | 2 | ||||
10 | Telaah & Pengemb. Kurikulum Bhs. Indonesia di MI | 2 | ||||
11 | KKN | 2 | ||||
JUMLAH | 22 | |||||
(Magang 3) | ||||||
Semester 7 | ||||||
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS | |||
1 | Pendidikan Multikultural | 2 | ||||
2 | Pengemb. Instr. Penilaian Sains di MI | 2 | ||||
3 | Bahasa Daerah dan Pembelajarannya | 2 | ||||
4 | PPL 2 | 2 | ||||
5 | Skripsi | 6 | ||||
JUMLAH | 14 | |||||
Semester 8 | ||||||
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS | |||
1 | Skripsi | 6 | ||||
JUMLAH | 6 | |||||
Cirebon, 07 Januari 2018 | ||||||
Ketua Jurusan PGMI | ||||||
Syibli Maufur, M. Pd | ||||||
NIP. 19740528 200801 1 011 |