Cirebon, 25 Februari 2025 – Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar melalui kegiatan Penguatan Kapasitas Kepala Madrasah Ibtidaiyah dan Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Literasi.
Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya peningkatan kompetensi tenaga pendidik dalam menjawab tantangan pendidikan abad ke-21 yang menuntut kemampuan literasi yang kuat sebagai fondasi utama dalam proses belajar-mengajar. Program ini diikuti oleh puluhan kepala madrasah dan guru dari berbagai Madrasah Ibtidaiyah (MI) di wilayah Cirebon dan sekitarnya.
Kegiatan yang berlangsung selama 5 hari pada tanggal 15, 17, 20, 21, dan 24 Februari 2025 ini meliputi berbagai pelatihan, workshop, dan pendampingan intensif. Fokus utama kegiatan adalah bagaimana merancang pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan literasi dasar, literasi digital, dan literasi numerasi ke dalam kurikulum madrasah. Selain itu, para peserta juga dibekali strategi evaluasi pembelajaran yang relevan dengan pendekatan berbasis literasi.
Dekan FITK UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, Dr. H. Saifuddin, M.Ag., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program strategis institusi dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan madrasah. “Kami ingin menjadikan madrasah sebagai pelopor pendidikan literasi di tingkat dasar. Oleh karena itu, peningkatan kapasitas kepala madrasah dan guru menjadi prioritas utama,” ujar beliau.
Kegiatan ini juga melibatkan dosen-dosen berpengalaman dari FITK sebagai fasilitator dan narasumber, serta praktisi pendidikan literasi nasional. Kolaborasi antara dunia akademik dan praktis ini diharapkan mampu menciptakan dampak nyata di lapangan.
Para peserta menyambut antusias kegiatan ini dan berharap adanya keberlanjutan program serta pendampingan secara berkelanjutan. “Kegiatan ini sangat membuka wawasan kami dalam mendesain pembelajaran yang lebih bermakna dan menyenangkan bagi siswa,” ungkap salah satu peserta, H. Nawawi, S.Ag, Kepala MI MIS Wathoniyah Babadan.
Dengan terlaksananya kegiatan ini, FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon berharap dapat mendorong terwujudnya madrasah yang tidak hanya unggul dalam aspek religius, tetapi juga adaptif terhadap perkembangan zaman melalui penguatan literasi di lingkungan sekolah.