Pendidikan dan Pengajaran
Saat ini Jurusan PGMI FITK UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon menggunakan kurikulum terbarunya yaitu kurikulum 2023. Jumlah total SKS yang wajib di tempuh oleh mahasiswa selama menempuh perkuliahan di Jurusan PGMI adalah sebesar 147 SKS.
Sebaran Struktur kurikulum 2023 di Jurusan PGMI terdiri atas Mata Kuliah Penciri Nasional 6 SKS, Mata Kuliah Penciri Universitas 18 SKS, Mata Kuliah Penciri Fakultas 20 SKS, dan Mata Kuliah Keahlian Jurusan 91 SKS, dan Mata Kuliah Keahlian Pilihan Jurusan 12 SKS.
Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan relevansi pembelajaran di lingkungan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), integrasi hasil penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat menjadi sebuah kebutuhan yang tidak dapat diabaikan. Hal ini sejalan dengan semangat Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menempatkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sebagai satu kesatuan yang saling mendukung dan memperkaya. Oleh karena itu, pemanfaatan hasil-hasil penelitian dan pengalaman dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat diharapkan mampu memberikan warna baru dalam proses pembelajaran yang lebih kontekstual, aplikatif, dan solutif.
Pembelajaran yang mengangkat isu-isu nyata dari hasil penelitian maupun praktik pengabdian akan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi mahasiswa PGMI. Mahasiswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga melihat bagaimana teori tersebut diterapkan dan diuji di lapangan. Dengan demikian, mereka akan terbiasa berpikir kritis, solutif, dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi—kompetensi yang sangat penting dimiliki oleh calon pendidik madrasah ibtidaiyah di masa kini dan masa depan.
Melalui sinergi antara hasil penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pembelajaran di kelas, diharapkan Program Studi PGMI mampu menciptakan ekosistem akademik yang dinamis dan responsif terhadap perkembangan masyarakat. Ini tidak hanya memperkuat posisi PGMI sebagai pusat pengembangan keilmuan dan pendidikan dasar Islam, tetapi juga sebagai agen perubahan yang berkontribusi nyata dalam membangun masyarakat yang cerdas, berakhlak, dan berdaya saing.
Adapun integrasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam proses pembelajaran di jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dapat didownload di sini.
Sebagai salah satu jurusan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN SSC. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah terus berupaya menjaga dan meningkatkan mutu pembelajaran. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah senantiasa berkomitmen untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif, inklusif, dan mendukung perkembangan mahasiswa secara optimal. Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah melalui evaluasi rutin berupa serangkaian monev pembelajaran dan survei kepuasan mahasiswa terhadap suasana akademik.
Survei ini dilaksanakan pada setiap akhir semester sebagai bentuk refleksi dan evaluasi terhadap proses pembelajaran, interaksi akademik, serta fasilitas pendukung yang tersedia. Masukan dari mahasiswa menjadi bahan pertimbangan penting dalam pengambilan keputusan dan perbaikan berkelanjutan di lingkungan jurusan.
Sebagai bentuk komitmen Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dalam membangun iklim akademik yang progresif dan berdaya saing global, kami menghadirkan salah satu program unggulan, yaitu International Conference on Elementary Education (SICEE). Kegiatan ini dirancang sebagai wadah ilmiah untuk mempertemukan para akademisi, peneliti, praktisi pendidikan dasar, serta mahasiswa dari dalam dan luar negeri guna berbagi gagasan, hasil penelitian, dan inovasi dalam bidang pendidikan dasar, khususnya yang relevan dengan konteks madrasah ibtidaiyah.
Melalui SICEE, kami berharap dapat memperluas wawasan keilmuan mahasiswa serta memperkuat jejaring akademik dosen dan institusi secara internasional. Konferensi ini juga menjadi momentum penting untuk menunjukkan eksistensi dan kontribusi nyata PGMI dalam pengembangan pendidikan dasar Islam yang inklusif, berkelanjutan, dan adaptif terhadap tantangan zaman. Dengan semangat kolaboratif dan inovatif, SICEE kami harapkan menjadi agenda tahunan yang terus berkembang dan memberikan manfaat yang luas bagi dunia pendidikan.
Dalam upaya memperkaya wawasan akademik dan memperluas cakrawala keilmuan mahasiswa, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) secara konsisten menyelenggarakan program Guest Lecture sebagai bagian dari strategi peningkatan mutu pembelajaran. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari berbagai latar belakang—baik akademisi, praktisi pendidikan, maupun tokoh inspiratif—yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan dasar dan keislaman. Melalui forum ini, mahasiswa PGMI diberi kesempatan untuk berdialog langsung, menggali perspektif baru, serta memahami dinamika pendidikan dari sudut pandang yang lebih luas dan kontekstual.
Program Guest Lecture tidak hanya bertujuan untuk memperkaya materi kuliah, tetapi juga sebagai sarana membangun jejaring profesional dan menumbuhkan semangat kolaborasi lintas institusi. Diharapkan melalui kegiatan ini, mahasiswa PGMI semakin siap menjadi calon pendidik yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga adaptif terhadap perkembangan zaman, terbuka terhadap berbagai pemikiran, serta memiliki kepedulian terhadap isu-isu global di dunia pendidikan.